Background

Perilaku Konsumen

1. Konsumen dan Perilaku Konsmen

Pelanggan, pemakai, pengguna, pembeli, pengambil keputusan, Barang dan jasa, merk, harga, menawar, mencari informasi, persepsi, prefensi adalah beberapa kata yang terpikir oleh kita ketika mendengar kata onsumen.
Adapun arti perilaku konsumen dari beberapa konsumen yang mengamati dirinya dan konsumen lain,
konsumen1 mengartikan perilaku konsumen sebagai tawar menawar produk dan harga,
konsumen2 lebih memperhatikan selera setiap indvidu sesuai dengan masa/umurnya
konsumen3 yang rela mengantri berjam-jam unutuk mendapatkan produk baru
konsumen4 selalu mencari yang terbaik
konsumen5 menguraikan perilaku konsumen memperhatikan design dan sale setiap kali berbelanja, dan biasanya menggunakan kartu kredit

2. Bagaimana Perilaku Konsumen Muda menurut beberapa konsumen?

konsumen6 menilai perilaku konsumen muda cenderung memilih fashion yang "ngejreng" sesuai dengan gaya mereka
konsumen7 melihat perilaku konsumen muda selalu megikuti tren yang populer, merasa takut jika ketinggalan mode.
konsumen8 lebih memperhatikan warna dan potongan rambut yang selalu berubah-ubah mengikuti tren.
konsumen9 melihat konsumen muda lebih percaya diri dan berani dalam berbusana
konsumen10 melihat anak muda sangat atraktif, mengikuti tren atau up to date, bahkan banyak anak muda yang menjadi trendsetter di kalangannya
konsumen11 meilhat perilaku konsumen muda mengikuti gaya artis idolanya

Salah satu dimensi penting dari perilaku konsumen adalah motivasi atau alasan konsumen menggunakan suatu produk tertentu. kebutuhan sehari-hari dengan dukungan fitur-fitur menjadi suatu motivasi/alasan konsumen menggunakan smarthphone/perangkat telpon yang pintar/memiliki banyak fitur yang mendukung aktivitas sehari-hari.

3. Definisi Perilaku Konsumen menurut Schiffman dan Kanuk(2010) "The termconsumer behavior refers to the behavior that consumer display in searching for, purchasing usingm evaluatingm and disposing of products and services that they expect will satisfy their needs"
sedangkan Engel, Blackwell, danMiniard (1995) mengartikan sebagai "We define consumer behavior as those activies directly involved in obtaining, consuming, and disposing of products and services, including the decision processes that precade and follow these action"

4. Perspektif Riset perilaku Komsumen

a. Perspektif pengambilankeputusan, mengasumsikan bahwa konsumen memiliki masalah dan melakukan proses pengambilan keputusan rasional untuk memecahlan masalah tersebut
b. Perspektif Eksperensial, konsumen sering mengambil keputusan membeli suatu produk tidak selalu berdasarkan proses keputuan rasional untuk memacahkan masalah yang mereka hadapi
c. Perspektif pengaruh Behavioral konsumen membeli suatu produk bukan karena alsan rasional atau emosional yang bersaal dari dalam dirinya.

5. Bagaimana mempelajari perilaku konsumen? why do consumer do what they do
perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses, psikologis, yang mendorong tindakan tersebut pada saatsebelum membeli,ketika membeli,menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan kegiatan mengevaluasi.
secara sderhana studi perilaku konsumen meliputi, apa yang di beli konsumen, mengapa konsumen membelinya, kapan mereka membelinya, dimana mereka membelinya, berapa sering mereka membelinya, dan berapa sering mereka menggunakannya.

6. Dimensi perilaku konsumen

a. bagaimana ia mendapatkannya? maka ia akan melakukan hal-hal menemukan, menerima, memproduksi, memperoleh warisan, membeli
b. bagaimanaia mengkonsumsinya? maka ia akan melakukan hal-hal memakan, meminum, memakai, menggunakan,membaca, menonton, memilik, mengendarai, menempati, merawat
c. bagaimana ia menghilangkansisa konsumsi atau bagian yang tidak dikonsumsinya? memberikan, membuang, mendaur ulang, menjual kembali adalah jawabannya

7. Perilaku Konsumen di Dunia

a. disiplin
b. menggunakan pakaian dan aksesoris yang sama
c. saling mempengaruhi satu sama lain
d. semakin sama satu sama lain
e. mudah mendapatkan berbagai barang dan jasa dari berbagai negara

8. Sejarah disiplin perilaku konsumen

a. salah satu landasan teori ekonomi mikro yang sangat esensial, diperkenalkan terlebih dahulu sebelum memahami teori permintaan dan perusahaan atau struktur pasar, sebagai salah satu matakuiah wajib bagi mahasiswa manejemen, akuntansi, keuangan dll
b. teori yang tidak diuji secara empiris
c. Goerge kantona mengembangkan teori periaku konsumen dengan memasukkan elemen psikologi dalam pengambilan keputusan konsumen,
d. Robert Feber, mengembangkan perilaku konsumendengan menerapkan selain dari psikologi yaitu ekonomi
e. John A. Howard bersama Jungdish N. Seth menulis buku "The Theory of Buyer Behavior", dan mengembangkan suatu model pengambilan keputusan "Howend and Seth Model"

9. Mengapa kita mempelajari perilaku konsumen

karena perilaku konsumen menarik dan dinasmis dan menggambarkan perkembangan ekonomi, sosial, budaya, teknologi, dan informasi yang terjadi di sekeliling konsumen
sangat bermanfaat untuk pelaku bisnis dalam memahami perilaku konsumen
konsumen bisa mengendalikan perilakunya agar dapat menjadi konsumen yang bijak dan melindungi diri dari praktik bisnis yang merugikan

10. manfaat mempelajari perilaku konsumen

a. membantu pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan
b. membantu peneliti untuk menganaliis perilaku konsumen dengan baik
c. membantu DPR untukmerancang hukum yang sesuai untuk melindungi kepentingan konsumen
d. membantu konsumen untuk membuat eputusan konsumen dengan bijak
e. meningkatkan pemahaman yang mempengaruhi manusia sebagai konsumen

11. Siapa ang harus mempelajari Perilaku Konsumen?

a. Pemasar
b. Pegiat pendidikan da perlindungan konsumen
c. pemerintah dan anggota legislatif

12. Model Keputusan Konsumen

13. Perbedan Individu, menggambarkan faktor-faktor karakteristik individu yang muncul dari dalam diri konsumen dan proses psikologis yang terjadi pada diri konsumen yang sangat berpengaruh terhadap proses keoutusan konsumen

a. Motivasi , daya dorng yang muncul dari seseorangkonsumen yang akan mempengaruhi proses keputusan konsumen dalam membeli dan menggunakan barang dan jasa
b. Kepribadian, karena konsumen akan membeli barang yang sesuai dengan kepribadiannya
c. Konsep Diri, persepsi seseorang terhadap dirinya yang meliputi kesehatan fisik, karakteristik, seperti kekuatan, kejujuran, dan rasa humor dalam kaitanya yang lain dan bahkan diperluas meliputi kepemilikan barang-barang tertentu hasil karyanya.
d. Pengolahan Informasi dan persepsi, memalui lima tahapan yaitu pemaparan, perhatian, pemahaman, penerimaan, dan retensi.
e. proses belajar, proses untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman
f. Pengetahuan, semua informasi yang dimiliki oleh konsumen mengenaiberbagai macam produk dan jasa
g. Sikap, faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen
h. Agama, sistem kepercayaan dan keyakinan tentang hakikat adanya Maha Pencipta Alam Semesta dan segala isinya

14. Faktor Lingkungan Konsumen

a. Budaya, segala nilai, pemikiran, simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, dan kebiasaan seseorang dan masyarakat.
b. Karakteristik Demografi, Sosial dan Ekonomi, Demografi akan menggambarkan karakteristik suatu penduduk, misalnya suku adalah variabel demografi
c. Keluarga, lingkungan mikro/lingkungan yang paling dekat dengan konsumen
d. Kelompok Acuan, kumpulan dari dua atau lebih orang-orang yang saling berinteraksi unutk mencapai tujuan yang sama
e. Lingkungan dan situasi konsumen, semua interaksi sosial yang terjadi antara konsumen dengan orang sekelilingnya dan segala sesuatu yang berbentuk fisik disekeliling konsumen
f. Teknologi, sangat membantu dan mempengaruhi sikap dan perilaku kosumen

15. Proses Keputusan Konsumen

a. Pengenalan Kebutuhan, Pecarian Informasi, dan Evaluasi Alternatif
b. Pembelian, Konsumsi, dan Kepuasan
c. Tanggung Jawab Sosial Terhadap Konsumen
d. Iklan yang menyesatkan dan Mengelabui Konsumen

16. Pemasaran dan Perilaku Konsumen
Proses bagaimana mengidentifikasi kebutuhan konsumen kemudian memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen tersebut dan meyakinkan kosumen bahwa mereka membutuhkan barang dan jasa tersebut, sehingga terjadi transaksi atau pertukaran antara produsen dengan konsumen
Konsep pemasaran adaalah suatu konsep bisnis yang menekankan bahwa strategi pemasaran yang berhasil adalah strategi yang dibangun berdasarkan kepada pemahaman yang lebih baik dari perilaku konsumen

hal-hal yang dilakukan manejer pemasaran untuk mendapatkan pemahaman yang baik kepada perialku konsumen

a. Analisis lingkungan
b. Riset pasar
c. Segmentasi
d. Positioning dan Differensiasi
e. Bauran Pemasaran


Categories: Share

Leave a Reply